7 tipe mahasiswa yang disukai dosen

Gambar

Salah satu cara untuk menjadi mahasiswa yang bahagia adalah memiliki hubungan yang akrab dengan dosen. Dosen adalah sosok penting di dunia kampus yang ikut andil dalam kesuksesanmu sebagai mahasiswa, percaya nggak percaya. Makanya, jadi mahasiswa jangan cuma dekat sama pacar, tapi juga dekat sama dosen. Asal jangan sampai bikin pacarmu cemburu aja.

Berikut ini adalah beberapa tipe mahasiswa yang disukai dosen. Kalian bisa coba menjadi pribadi-pribadi seperti mereka.

 

1. Mahasiswa yang memperhatikan kuliah dosennya

Dosen mana yang tidak suka pada mahasiswa yang memperhatikan waktu kuliah? Meskipun umumnya dosen itu cuek sama mahasiswanya, terserah mau belajar atau nggak, tapi beliau pasti sangat bersyukur kalau apa yang disampaikannya itu tidak menjadi percuma. Dosen itu suka dengan wajah-wajah mahasiswa yang memperhatikan, seperti pandangan fokus ke depan, wajah yang antusias, ekspresi mikir, atau yang sambil sibuk membuat catatan. Kadang seorang dosen sengaja membuat beberapa kesalahan untuk memancing reaksi mahasiswa lho. Nah, pastikan kamu yang bisa menemukan hal itu. Yang pasti dosen itu suka pada mahasiswa yang sadar bahwa waktu kuliah adalah waktu yang penting. Kamu respect pada dosen, dosen respect padamu.

 

2. Mahasiswa yang menjawab dan bertanya pada dosennya

Lebih dari sekadar memperhatikan, dosen juga mengharapkan ada partisipasi aktif mahasiswa di setiap kuliahnya. Mahasiswa menjawab setiap pertanyaan dan mengajukan berbagai pertanyaan. Mungkin dosen akan sangat senang kalau sampai kewalahan menjawab berbagai pertanyaan dari mahasiswa karena itu menunjukkan kalau anak didiknya sangat aktif. Kalau di kelasmu sepi-sepi aja, pastikan suaramu terdengar setiap kuliah, baik untuk menjawab atau untuk bertanya. Kalau bisa, sampai kamu jadi andalan dosen untuk menjawab pertanyaan begitu tak ada yang bisa menjawab.

 

3. Mahasiswa yang selalu menyapa dosennya

Mungkin kalian bukan yang paling pintar di kelas. Mungkin kalian juga bukan yang paling rajin. Namun, kalian bisa jadi mahasiswa paling santun di mata dosen. Saat ini banyak mahasiswa yang fokus pada pengembangan dirinya, jadi agak tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Kalau di jalan ketemu dosen, mungkin biasa aja atau malah pura-pura tidak tahu. Nah, kalian bisa jadi sebagian kecil orang yang punya kesopanan ini. Pada awalnya, sapaan kalian mungkin akan lewat sambil lalu saja. Tapi semakin sering kalian menyapa dosen tersebut, lama-lama beliau akan ingat wajah kalian. Syukur-syukur kalian malah disapa dulu.

 

4. Mahasiswa yang nilainya sesuai ekspektasi dosennya

Mungkin kamu bukan tipe mahasiswa paling sosial di kampusmu. Kamu sering tidak percaya diri dan kemampuanmu untuk mengutarakan pendapat sering acakadul. Nah, kamu bisa buktikan kepada dosenmu kalau kamu benar-benar menerima ajaran beliau melalui nilai-nilaimu. Semakin baik nilaimu dibanding yang lain, maka semakin terlihatlah dirimu. Lebih dari itu, dosen akan sangat senang kalau nilaimu bisa konsisten berada di atas. Buat dosenmu penasaran, sampai akhirnya beliau mencari keberadaanmu di kelas.

5. Mahasiswa yang bisa berdiskusi dengan dosennya

Seorang dosen sudah cukup senang dengan mahasiswa yang aktif di kelas dan lebih senang lagi jika ada yang bisa diajak berdiskusi. Kalian mungkin saja termasuk orang yang memiliki pengetahuan seluas dosenmu ini. Jika begitu, jangan sembunyikan dirimu. Kalau ada beberapa hal yang kamu tidak sependapat, sampaikan. Luruskan pandangan kalian berdua sampai ada titik temu. Menemukan partner diskusi itu sama seperti menemukan teman bagi dosen.

 

6. Mahasiswa yang sadar waktu penting dosen

Kalau mahasiswa di kelasmu terkenal banyak yang suka telat, pastikan kamu bukan bagian dari mereka. Dosen itu sangat senang dengan mahasiswa yang tertib dan sadar akan pentingnya waktu. Begitu dosen masuk kelas dan mahasiswa di dalamnya ada sedikit, bisa jadi beliau akan memberikan perhatian khusus pada mahasiswa-mahasiswa yang sudah siap di dalam kelas. Nah, kamu mau kan? Kalau dosenmu termasuk tipe orang yang super sibuk sampai-sampai lupa jamnya kuliah, kamu bisa jadi orang yang mengingatkan beliau dengan menjemput beliau dari ruangannya.

7. Mahasiswa yang sadar akan penampilannya di mata dosen

Penampilan mungkin memiliki porsi paling sedikit untuk disukai dosen, tapi tetap saja hal ini punya porsi. Meskipun di kampus kamu boleh berpakaian gaya apa saja, tapi penampilanmu sebaiknya menunjukkan kalau kamu menghormati dosenmu. Pakai pakaian yang rapi, kemeja, bersepatu, atau office look sekalian biar beda daripada yang lain. Tata rambutmu dan pastikan kamu wangi. Meskipun kamu sadar bahwa kamu mahasiswa yang biasa saja, tapi paling tidak dosenmu berterima kasih dalam hati karena ada yang bisa enak untuk dilihat. Apalagi kalau kamu pinter, wah tambah joss aja deh disayang sama dosen.

Yang patut kalian ketahui, keberhasilan sabagaimana yang ditulis di atas itu tergantung dari karakter dosenmu. Tapi tidak ada yang salah kok untuk dicoba, karena itu akan membuat kalian menjadi mahasiswa sebagaimana mestinya kalau di kelas. Jangan pedulikan dengan pendapat teman-temanmu yang mengatai kalau kamu cari perhatian aja. Mereka cuma sirik karena keseringan dimarahi dosen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s