WAKTU ADALAH RELATIF

“Para malaikat dan malaikat Jibril naik menghadap Tuhan dalam (waktu) sehari yang kadarnya adalah lima puluh ribu tahun.”
(Surah Al Maarij ayat 4)

      Jelas kalau kita perhatikan bahwa ayat ini berbicara mengenai konsep waktu yang relative,dimana waktu sehari sebanding dengan 50 000 tahun.suatu hal yang luar biasa bagaimana sebuah pemahaman yang kontraversial pada abad 20,(walau kemudian teruji kebenarannya) bisa tersirat pada sebuah buku yang diturunkan pada abad ke 7 ,lalu bagaimana sains menjelaskan mengenai fenomena ini?

       Sepanjang sejarah manusia,waktu selalu dianggap sebagai sesuatu yang absolute,dimana pun tempatnya,pada media apapun dan pada faktor faktor apapun,waktu tetaplah sesuatu yang absolut.dimana waktu sehari adalah tetap sehari,dimanapun tempatnya ,baik dibumi maupun di planet planet di luar sana.

       Albert Einstein pernah mengeluarkan sebuah teori yang bernama teori relatifitas.teori ini terbagi menjadi dua yaitu teori relatifitas umum dan teori relatifitas khusus.

        Menurut Einstein,waktu dapat bergerak lebih lambat bagi orang yang sedang bergerak dalam kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya.artinya,jika orang di bumi menjalani waktu selama 100 hari,maka bagi orang yang sedang bergerak dalam kecepatan yang mendekati cahaya,maka waktu tersebut sebanding dengan 50 hari.waktu melambat karena adanya factor kecepatan.

        Teori relatifitas umum berbicara mengenai konsep waktu yang berubah disebabkan oleh medan gravitasi.artinya bila seseorang berada pada suatu tempat yang memiliki medan gravitasi lebih besar,maka waktu akan melambat.bukan hanya waktu namun juga gerakan tubuh dan fungsi organ tubuhnya serta gerakan atom atom dalam tubuhnya pun akan melambat.disini teori ini membahas mengenai perubahan konsep waktu yang disebabkan oleh adanya medan gravitasi.

         Suatu teori ilmiah,apalagi yang kontraversial seperti ini,pasti mengundang tanda tanya dan perhatian publik.baik dari kalangan ilmuan maupun masyarakat awam.oleh karena itulah maka British National Institute of Physic,dengan seorang peneliti bernama John Laverty mencoba menguji kebenaran teori ini.

      Tim peneliti tersebut membuat dua buah jam khusus yang dirancang dengan sangat akurat dan sama persis.kemungkinan terjadinya perbedaan waktu antara dua jenis jam tersebut dalam waktu 300.000 tahun hanya 1 detik.ini adalah jam yang sangat khusus,dan mampu mencatat selisih waktu sekecil apapun.

       Kemudian salah satu Jam tersebut disimpan di Laboratorium di London.sementara yang satunya lagi di taruh dalam pesawat yang akan  terbang ke China.hal ini dimaksudkan,ketika pesawat mencapai ketinggian tertentu,maka daya gravitasi yang diterima oleh Jam tersebut akan berbeda dari jam lainnya yang ditaruh di bumi.para ahli berharap ketinggian pesawat akan membuat perbedaan tingkat gravitasi antara kedua Jam tersebut.

     Hasilnya adalah ketika jam pesawat diperiksa mereka melihat adanya selisih waktu yang terjadi antara kedua jam tersebut.Jam yang berada di pesawat,menunjukkan selisih waktu sebesar satu koma limapuluh lima milyar detik,lebih cepat dari pada jam yang yang ditaruh di bumi (di Lab).

      Memang selisih angkanya sangat tipis,namun tentunya selisih angka tersebut dapat diperbesar dengan meningkatkan faktor kecepatan dan gravitasinya.namun hasil ini menunjukkan bahwa teori Einstein tersebut benar.bahwa waktu adalah relativ,tergantung pada kecepatan dan gravitasi,

       Karena percobaan di bumi sudah dapat membuktikan kebenaran teori tersebut,maka percobaan pada media lain di luar angkasa tidak diperlukan lagi.

     Jadi di sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ayat diatas sama sekali tidak bertentangan dengan sains,karena sains sendiri telah membuktikan bahwa waktu adalah relatif. kecepatan gerakan para malaikat dan jarak yang jauh dari gravitasi  (bisa jadi ) adalah faktor yang menyebabkan perbandingan waktu antara manusia di bumi adalah  50000 tahun dan bagi para malaikat adalah sehari.Allahu a’lam.

HAHAH

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s