Hewan Cryptid : ELEPHANT BIRD

Hello Crepters…
Elephant bird yang nama asingnya disebut (Aepyornis maximus), elphant bird dulunya pernah tinggal di Madagascar dan pernah hidup 2000 thn yang lalu,katanya ini termasuk legenda burung ROC (RUkH)yang sering di ceritakan sebagian bangsa arab yang mungkin ceritanya berdasarkankan pada burung elephant , lalu pada abat ke 9 Saracen dan pedagang India mengunjungi Madagaskar dan bagian lain dari pantai Afrika katanya mereka pernah melihat jenis burung ini.

Pada tahun 1298 bahkan seorang Marco polo pernah menulis di buku hariannya selama 26 tahun masa perjalanannya dan tertulis di bab 33 yang berjudul (Concerning the Island of Madagascar),dia menulis pernah diutus oleh Great Khan untuk menyelidiki laporan adanya penampakan burung besar di daerah tersebut.

Dikarenakan terlalu banyaknya bangsa eropa yang datang pada tahun 1500-1642,populasi burung ini semakin meneurun,dan sangat jarang di temukan dan mungkin yang terakhir pernah terlihat pada sekitar tahun 1649.

Gubernur Perancis pertama dari Madagaskar dan Direktur Perusahaan India Timur Perancis, Étienne de Flacourt, menulis, tahun 1658, “vouropatra – seekor burung besar yang menghantui Ampatres dan bertelur seperti burung unta,dan penduduk setempat mulai memburu burung tersebut sehingga mengakibatkan burung gajah (Elephant bird) bermigrasi ke daerah pedalaman hutan pada tahun 1700, dan semenjak itu gapernah terlihat lagi penampakan burung tersebut.

Burung gajah adalah burung terbesar yang pernah hidup. Ini adalah sebuah ratite, nenek moyang burung unta dan emu,tapi nich burung ga bisa lari kenceng kaya burung unta,karena nich burung punya kaki yang besar dan bentuk cakar taloned, sayap vestigial dan leher panjang yang kuat,lalu paruhnya kaya tombak berkepala luas,burung ini mungkin sudah ada di Madagaskar selama 60 juta tahun,burung ini termasuk herbivora.

Burung-burung ini mirip burung unta , dengan kepala kecil, sayap vestigial, dan panjang, kaki kuat. klo berdiri ampe (3 meter) dan beratnya sekitar (455 kg), walaupun beberapa moas lebih tinggi, tetapi burung gajah lebih kuat dari segi postur tubuhnya. telur mereka memiliki lingkar dari sekitar (91 cm), lebih besar 200 kali lipat dari pada telor ayam dan  tiga kali ukuran telur dinosaurus terbesar,mau lihat telornya nich

Foto di sini adalah replika yang dipamerkan di Museum Suffolk,UK.
fosil elephan birth
Burung ini punah karena lambatnya populasi,dan biasa gara2 manusia yang ngeburu dan pada ngambil telor2nya…dasar manusia Jahat..huuuh. Faktanya nich burung termaksuk unggas yang sukses dalam mempertahankan hidup,burung ini bisa bertahan selama 60 juta thn yang lalu dan masih exis,ampe manusia/bangsa eropa  pada datang ke pulau madagaskar dan ngehancurin populasi burung gajah
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s