Minhocao-Cacing Raksasa dari Amerika Selatan

What? Cacing raksasa? Mang ada? Boro-boro raksasa, liat yang kecil lagi ngesot aja jijay..

Yak, Reaksi di atas wajar kok kalo denger cacing raksasa, untuk jelasnya ayuk kita bahas lebih dalem.

Minhocão adalah makhluk amfibi yang mirip cacing tanah besar yang konon ada di hutan Amerika Selatan, Minhocão berasal dari ‘minhoca’ yang berarti ‘cacing’ dalam bahasa Portugis. Penduduk lokal menyebutnya Boi-tata.

Menurut legenda, Boi-tata adalah seekor ular besar yang selamat dari banjir besar.Untuk menyelamatkan diri, dia memasuki gua dan beristirahat dalam kegelapan selama berabad-abad, sehingga mata tumbuh. Kalo meninggalkan gua, ia pergi melalui ladang mencari bangke hewan untuk dimakan, tetapi juga kadang-kadang menyerang manusia dan hewan.
Cryptoid ini memiliki ciri kulit bersisik hitam dan sepasang tentakelmenonjol dari kepalanya. Panjang makhluk itu telah dilaporkan sekitar 25 meter (82 kaki) panjang dan tebal satu meter (3.28 ft), mampu menjungkirbalikkan perahu, menangkap dan menyeret ternak di bawah air, dan menggali parit besar di bawah tanah .

Penampakan dari Minhocão kebanyakan dilaporkan pada abad ke-19 di ‘wilayah sungai São Francisco’. Pemberitaan muncul di American Journal of Science dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Auguste de Saint-Hilaire.

Publikasi tentang Minhocão berhenti sampai 1877, ketika zoologi Fritz Müller menulis sebuah artikel tentang binatang untuk publikasi Zoologische Jerman Garten. Artikel Müller sudah termasuk informasi baru mengenai Minhocão, termasuk laporan dari parit besar misterius yang begitu besar sampe-sampe mengalihkan sungai dan menghancurkan kebun. Tidak seperti artikel Saint-Hilaire’s, Müller sudah termasuk penampakan sebenarnya dari Minhocão. Berikut ini adalah salah satu penampakan ini, yang terjadi di Negara Paraná di tahun 1840-an:

Seorang wanita kulit hitam akan mengambil air dari kolam di dekat rumah suatu pagi … melihat binatang yang besar memindahkanh rumah di permukaang tanah. … Di distrik yang sama seorang pemuda melihat pohon pinus besar tiba-tiba terbalik … ia melihat seekor binatang besar hitam seperti cacing di tengah itu, dengan panjang dua puluh lima meter, dan dengan dua tanduk di atas kepalanya. (Hii..Merinding..)

Müller juga menyebutkan sebuah kisah yang diceritakan oleh Lebino José dos Santos yang pernah mendengar cerita dari Minhocão yang mati ditemukan di dekat Arapehy, Uruguay. Menurut kisah makhluk itu ditemukan terjepit di antara dua batu, kulitnya dikatakan “setebal kulit pohon-pohon pinus” dan dengan “sisik seperti sebuah armadillo”.

Dengan berakhirnya abad ke-19 berakhir pula penampakan Minhocão. Memang masih ada parit misterius besar dari waktu ke waktu, namun tidak ada penampakan yang sebenarnya.

Bisa jadi Cryptoid ini yang menginspirasi film tremor, tau ga tremor? Itu lo yang buat nyimpen air panas..

Apakah Hewan ini mati? Ato dia masuk ke dalem tanah karena takut akan kedatangan taun 2012? Yang bisa kita lakuin cuma berdoa moga-moga dia ga muncul di wc waktu kita lagi boker..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s