Lagi Terpuruk? Kamu Wajib Baca Ini!

Ketika kamu beranjak dewasa, kehidupan tidak mungkin datar-datar saja. Banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Mulai dari tantangan di kehidupan personal, pendidikan, hingga karir. Yeah, menjadi dewasa memang tidak mudah.

Ibarat mau jadi buah yang matang dan enak, saat kamu ingin jadi dewasa kamu memang harus ditempa dengan banyak masalah. Agar kaya pengalaman dan bisa jadi orang yang lebih bijaksana. Tapi sering kali pada saat kamu tertimpa masalah, kamu pengen nyerah. Hal ini manusiawi banget, kok!

Nah saat dalam kondisi sulit seperti itu, ada hal-hal yang harus kamu ingat biar kamu bisa balik semangat lagi. Apa itu? Hipwee bocorin buat kamu.

1. Kesulitan dan rasa sakit itu adalah bagian dari hidup yang membuatmu tumbuh dewasa

rasa sakit bisa menumbuhkan dirimu menjadi dewasa

Banyak orang diluar sana yang lari dari kenyataan saat menghadapi kesulitan dan rasa sakit. Rasanya kamu pengen menghindar saja. Terkadang kamu lupa, bahwa hidup memang tidak selalu baik-baik saja. Rasa sakit adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hidup.

Nah, sebaiknya kamu jangan takut menghadapi kesulitan dan rasa sakit. Hadapi dengan tenang dan kamu selesaikan dengan baik. Kenapa?

Karena rasa sakit itu nantinya akan membuatmu tumbuh jauh lebih dewasa dari sebelumnya. Sekaligus kamu bakal punya banyak pengalaman dan kekayaan hidup.

2. Ubah cara berpikirmu saat menghadapi rasa sakit dan kesulitan

ubah cara berpikirmu

Kalau disakiti pasti rasanya sakit banget. Kadang-kadang kalau parah kamu sampai enggak pengen makan dan mengurung diri di kamar seharian sambil menangis. Tapi kamu harus bangkit.

Ubahlah cara berpikirmu dalam menghadapi rasa sakit dan kesulitan. Jangan biarkan rasa sedih saat menghadapi rasa sakit dan kesulitan itu menghinggapi kamu.

Setiap harimu adalah  berkah. Ketika kamu mengubah cara berpikirmu lebih positif maka kamu pun bisa mengubah kenyataan yang sedih dan sulit itu menjadi kemudahan.

3. Faktanya, apa yang kita takutkan belum tentu akan benar-benar terjadi

kamu gak boleh nyerah dengan keakutanmu sendiri

Sering kali kamu terjebak dengan pikiran-pikiran negatifmu saat kamu sedang mengalami kesulitan dan rasa sakit. Kayak waktu kamu patah hati, bawaanya sedih dan seolah hidupmu tak akan berarti tanpa dia.

Padahal enggak banget. Itu hanya ketakutan kamu aja. Ketika pikiran-pikiran negatif berada dipikiranmu, kamu tidak akan berpikir jernih. Cara yang paling baik adalah hadapi ketakutanmu itu.

Kamu enggak mau kan diperbudak oleh pikiran dan ketakutanmu sendiri, yang sebenarnya gak pernah terjadi.

4. Pengalaman adalah harta yang paling berharga dalam hidup kamu

pengalaman yang berhargahttp

Apa sih yang bisa kamu dapat dari hidup? Ya tentunya pengalaman. Pengalaman ada ketika apa yang kamu rencanakan ternyata tidak sesuai dengan rencana kamu.

Pengalaman adalah harta yang paling berharga yang bisa kamu dapatkan dari hidup kamu. Dengan punya pengalaman dari rasa sakit dan kesulitan kamu bakal tahu bagaimana mengarahkan hidup kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Saat kamu tak bisa mengubah situasi, jangan menyalahkan keadaan dan orang-orang sekitarmu

jangan menyalahkan orang lain

Ketika menghadapi kesulitan bisa jadi kamu akan dihadapkan pada situasi yang tidak  bisa kamu kontrol lagi. Yap saat itu terjadi sering kali kamu menyalahkan situasi bahkan juga menyalahkan orang lain karena mereka lah yang menyebabkan kamu berada dalam situasi sulit.

Hey ingat ya, gak  semua hal bisa kamu kontrol dan menyalahkan orang lain begitu saja. Hal yang lebih baik kamu lakukan adalah segera bertanggung jawab menyelesaikan kesulitan dan rasa sedihmu.

Karena pada akhirnya kebahagiaanmu tergantung dari keputusanmu untuk menjadi bahagia dan bertanggung jawab atas apa yang kamu lakukan pada diri kamu sendiri.

6.Kamu jangan hanya berandai-andai dan menyesal pada saat pada masa sulit

menyesali dan sedih

Saat kamu menghadapi masa sulit, kamu akan sering terjebak perasaan bersalah mengapa mengambil keputusan yang membuatmu berada dalam posisi sulit.Atau kadang kamu juga berpikir kalau kebahagiaan itu hanya ada di hari depan sedang yang kamu hadapi hari ini adalah bencana dalam hidupmu.

Perlu kamu tahu banyak orang  tua yang kemudian menyesal karena tidak mengambil keputusan-keputusan penting yang membuat mereka bahagia saat mereka muda.

Kamu hidup hari ini. Dan di hari ini pula kamu mesti ingat bahwa kamu punya keluarga yang luar biasa serta hidup yang penuh keberkahan yang mesti kamu rayakan sekarang juga.

7. Dalam hidup akan selalu ada hal yang kamu syukuri ketika kamu mengucap terima kasih

berterima kasih pada hidup

Bayangkan seandainya esok hari kamu sudah tidak bangun, betapa menyesalnya kamu karena tidak berterima kasih pada apa yang kamu peroleh dan jalani hari ini. Saat menghadapi rasa sulit pasti rasanya sulit sekali untuk mensyukuri apa yang pernah kita miliki.

Padahal bukan kebahagiaan yang membuat kamu bersyukur tetapi dengan bersyukur kamu akan bahagia. Dan cara paling mudah untuk melakukannya denagn mengucap terima kasih atas apa yang kamu peroleh dalam hidup kamu.

8. Demi Mencapai Kesuksesan, Kamu Membutuhkan Proses dan Kesabaran

sukses pasti dimulai dari kesulitan

Misal kamu berniat untuk jadi pengusaha dan tiap kali kamu menjalani usaha kamu selalu merugi. Itu membuat kamu sering frustasi dan sedih. Pertanyaan mengapa kamu dalam situasi sulit ini pasti terngiang di kepala.

Guys, saat kamu dalam kondisi terpuruk kamu mesti ingat kalau sabar adalah salah satu kuncinya. Sabar bukan berarti hanya menunggu lho, tapi kamu mengusahakan hal-hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi masa sulit itu.

Tak ada kesuksesan yang instant. Dan tidak ada kesuksesan tanpa masa-masa sulit.

9. Kamu enggak perlu membandingkan kondisi masa sulit kamu dengan kondisi orang lain yang menurutmu lebih bahagia.

kebahagiaan ada ditanganmu

Hey ini hidupmu dan kamu berhak untuk memiliki hidupmu. Dalam masa sulit dan banyak dilingkupi pikiran negatif, kamu akan melihat seolah rumput tetangga itu lebih hijau alias orang lain lebih bahagia.

Padahal kamu enggak bisa membandingkan kebahagiaanmu dengan standar kebahagiaan orang lain. Kamu berhak mendefinisikan kebahagiaanmu. Saran-saran orang lain memang perlu tapi keputusan bahagia  ada ditanganmu.

Enggak selalu kalau orang yang nampaknya kamu lihat bahagia sebenarnya bahagia. Kamu juga enggak perlu menjadi sosok seperti yang diharapkan orang lain atas diri kamu. Jadilah diri kamu dengan segenap kebahagiaanmu.

10. Saat kamu sedih sebenarnya kamu enggak sendirian

kamu gak sendirian

Ingat ya saat kamu menghadapi masa-masa sulit kamu enggak sendirian. Banyak orang yang menyayangi dan mengasihimu dengan tulus.Perasaan ditinggalkan, sendirian dan tidak ada yang memahami harus kamu buang jauh-jauh.

Keluarga, teman, sahabat adalah orang-orang yang pasti gak akan membiarkan kamu sendirian dalam kesulitan.

Yap, itu tadi hal-hal yang sering kamu lupakan saat kamu bersedih. Ingat ya masa sulit itu gak selama-lamanya kok karena pasti ada kebahagiaan setelah kamu dirundung kesedihan.

sumber : hipwie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s