Misteri di Balik Kemegahan Jam Gadang, Bukittinggi Sumatera Barat

 

Jam Gadang adalah landmark kota Bukittinggi dan provinsi Sumatra Barat di Indonesia. Simbol khas Sumatera Barat ini pun memiliki cerita dan keunikan karena usianya yang sudah puluhan tahun. Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Peletakan batu pertama jam ini dilakukan putra pertama Rook Maker yang saat itu masih berumur 6 tahun. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota).

Simbol khas Bukittinggi dan Sumatera Barat ini memiliki cerita dan keunikan dalam perjalanan sejarahnya. Hal tersebut dapat ditelusuri dari ornamen pada Jam Gadang. Pada masa penjajahan Belanda, ornamen jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan. Namun saat Belanda kalah dan terjadi pergantian kolonialis di Indonesia kepada Jepang, bagian atas tersebut diganti dengan bentuk klenteng. Lebih jauh lagi ketika masa kemerdekaan, bagian atas klenteng diturunkan diganti gaya atap bagonjong rumah adat Minangkabau.
Continue reading

Ribuan Tahun Lalu Nenek Moyang Kita Dikunjungi Astronot Bintang Lain

Para Wisatawan Purbakala Masa Silam

Sejarah masa silam masih terlalu kabur bagi kita. Sejarah hidup nenek moyang yang sebenarnya masih sulit untuk kita gambarkan, dan benda-benda yang mereka tinggalkan masih sangat sulit untuk kita tafsirkan maknanya.

Apa maksud sebenarnya dari pembangunan situs-situs purbakala seperti Baalbeck dan Tiahuanaco  (Tiwanaku)?

Apa tujuan mereka membuat bentuk-bentuk rumit dari gambaran-gambaran luas yang luar biasa di tanah tandus Nazca?

Dan makhluk apakah yang mereka gambarkan sebagai sosok aneh berhelm di dalam gua-gua itu?

Ya, berbicara mengenai prasejarah memang akan lebih banyak menemukan pertanyaan daripada jawaban. Jika kita gemar mengamati dan melakukan studi terhadap peninggalan-peninggalan prasejarah di seluruh dunia, akan mudah bagi kita untuk menemukan bukti dari kehadiran angkasawan antar bintang masa silam.

Continue reading

Siapa itu Jin Qarin? Jin Pendamping Manusia

shadow

Pada kesempatan Ini blog orang paok akan membahas tentang JIN PENDAMPING manusia ( QARIN ). Saya yakin banyak orang yang belum tau bahkan belum pernah dengar. Pasti sobat semua pernah mendengar yang namanya kerasukan, nah biasanya, orang yang kerasukan ini mengaku bahwa ia adalah sosok seorang yang sudah meninggal, dan sengaja meminjam raga orang lain untuk berkomunikasi dengan orang yang masih hidup, karena konon arwahya masih penasaran karena ada pesan yang belum tersampaikan.

Continue reading

“Battle of Los Angeles 1942” Penampakan UFO Paling Misterius Sepanjang Masa

Peristiwa ini adalah peristiwa penampakan objek terbang yang tak dikenal dengan saksi mata terbanyak sepanjang sejarah manusia. Hingga kini, tak ada yang mengetahui pasti, objek apa yang pernah terbang melintas diatas kota metropolitan dan membuat panik jutaan penduduknya itu.

Peristiwa nyata paling heboh dimasanya, disaksikan oleh jutaan pasang mata, masih misterius, masih tak terpecahkan, masih tak terkalahkan dalam jumlah kesaksiannya hingga detik ini.

Insiden menggemparkan di angkasa kota metropolitan Los Angeles yang mulai terjadi pada tanggal 24 malam hingga hampir subuh 25 Februari 1942 itu, telah memakan korban jiwa sebanyak lima orang.

Peristiwa yang membuat semua orang tercengang ini terjadi lima tahun sebelum Insiden UFO Roswell (Roswell UFO incident) yang terjadi pada musim semi di tahun 1947.

Continue reading

Misteri Aramu Muru, Portal Kuno Menuju Dunia Lain

Beberapa orang menganggapnya hanyalah sebuah pekerjaan yang belum selesai dari tukang batu kuno. Tapi banyak legenda setempat mengatakan bahwa Aramu Muru adalah portal atau gerbang ke dunia lain.

Tidak diketahui kapan Aramu Muru dibuat dan siapa yang membuatnya – tetapi kemungkinan besar Aramu Muru dibuat sebelum Inca. Tidak ada penelitian arkeologi telah dilakukan di sini.

Portal batu besar ini terletak di tempat yang tidak biasa yaitu di hutan batu Hayu Marca (“Kota para dewa”) di dekat tepi Danau Titicaca. Puncak raksasa dari granit merah menjulang dari tanah kering Altiplano di sini.

Proses erosi telah membentuk jembatan alam, gua-gua aneh dan patung-patung alam. Seringkali sulit untuk mengatakan apakah beberapa bentuk aneh telah dibentuk oleh alam atau manusia.

Continue reading

Misteri Kapal “SS Ourang Medan” : Semua Kru Tewas Kaku, Mata Melotot, Dengan Muka Ketakutan!

24 September 2013

Cerita menyeramkan tentang kapal berhantu seperti Flying Dutchman dan Mary Celeste telah diturunkan dari satu generasi pelaut ke generasi pelaut berikutnya selama berabad-abad. Dan cerita ini begitu menyeramkan bukan hanya karena kapalnya yang berhantu, tetapi juga menyangkut fenomena lain seperti kru-kru kapal yang menghilang, atau yang tiba-tiba tewas secara misterius.

Bisa dibilang, yang paling mengganggu dari semua legenda ini adalah kasus mengejutkan dari SS Ourang Medan. Iya, kisah misteri ini datang dari negara kita Indonesia. Bisa dilihat dari nama kapalnya, SS Ourang Medan atau bisa diartikan orang yang tinggal di Medan, daerah di Sumatera Utara yang sudah sangat dikenal oleh orang-orang di Indonesia.
Continue reading

Misteri Ya’juj & Ma’juj

QS. Al-Kahfi: 94
“Mereka berkata; “Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya-juj dan Ma-juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka ?”

QS. Al-Anbiya: 96
“Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya-juj dan Ma-juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (Hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata); “Aduhai celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zhalim.”

Continue reading

Tongkat Komando Bung Karno

Berkali-kali Bung Karno berkata bahwa Tongkat Komando-nya tidak memiliki daya sakti, daya linuwih..”itu hanya kayu biasa yang aku gunakan sebagai bagian dari penampilanku sebagai Pemimpin dari sebuah negara besar” kata Bung Karno pada penulis Biografi-nya, Cindy Adams pada suatu saat di Istana Bogor.

Bung Karno sendiri memiliki tiga tongkat komando yang bentuknya sama, satu tongkat yang ia bawa ke luar negeri, satu tongkat untuk berhadapan dengan para Jenderalnya dan satu tongkat waktu ia berpidato. Namun kalau keadaan buru-buru dan harus pergi, yang kerap ia bawa adalah tongkat sewaktu ia berpidato.

Continue reading

Spontaneous Human Combustion-Fenomena Terbakarnya Tubuh Manusia Secara tiba-tiba

Pada tanggal 2 November 2009 kemarin, mayat seorang wanita ditemukan di sebuah trailer di Brevard County, Florida. Mayat itu berada dalam kondisi habis terbakar. Tapi anehnya, benda-benda di dalam trailer di dekat mayat sama sekali tidak terlihat hangus. Setelah lama tidak terdengar, apakah ini kasus terbaru Spontaneous Human Combustion ?

 Tulisan ini berisi deskripsi dan gambar yang tidak menyenangkan untuk dibaca dan dilihat. Jadi jika anda tidak ingin melihatnya, jangan melanjutkan membaca tulisan ini. Tapi saya percaya pasti rasa ingin tahu kalian akan membuat kalian terus membaca.
Continue reading

Pencarian Kota Hilang : Sodom dan Gomora

Kisah ini merupakan salah satu cerita tertua di dunia. Kisah dua kota yang namanya praktis besinonim dengan dosa, Sodom dan Gomora. Selama bertahun-tahun, cerita tentang apa yang menimpa mereka menjadi perumpamaan tentang degradasi moral yang harus dibayar dengan harga mahal.

Continue reading

Apa sih Fairy (Peri) itu?

Kata “Peri” telah disalah gunakan sepanjang sejarah penggunaan bahasa Inggris oleh bangsa manusia. Ada kepercayaan bahwa kata “Peri” adalah sebuah istilah lampau, muncul setelah masa pertengahan yang diartikan sebagai wanita-wanita jahat yang memiliki kekuatan sihir.

Misteri Dibalik Lukisan Melencolia I

Jika berbicara mengenai lukisan terkenal yang mendunia dan penuh misteri pasti anda langsung berpikiran tentang lukisan Mona Lisa karya Da Vinci, namun ternyata ada juga lukisan terkenal yang penuh dengan misteri, yaitu Melencolia I

Melencolia I (atau biasa disebut Melencolia Eins) adalah lukisan hasil karya seorang seniman Jerman bernama Albrecht durer. Lukisan ini menggambarkan seorang manusia bersayap sedang termenung

wqw

(lukisan Melencolia I)

Makna Tersembunyi Lukisan Michelangelo

Kapel Sistine

Langit-langit dari Sistine Chapel, sebuah tempat terkenal di Kota Vatican di Roma, penuh dengan lukisan Michelangelo yang menggambarkan cerita-cerita tentang Dewa. Selama ratusan tahun, banyak orang telah melihat pada karya agung hidup ini. Saat terpukau oleh kemegahannya, mereka mungkin bertanya, “Mengapa Michelangelo menghabiskan hidupnya menciptakan karya abadi ini? Apa yang ingin disampaikannya kepada orang-orang? “Selama bertahun-tahun, tanpa memandang kelas sosial, semua orang mengangkat kepala mereka untuk melihat lukisan yang luar biasa ini dari master seni lukis ini.

Continue reading

Oarfish-Monster Laut dari Atlantik

Ada yang pernah denger ato baca tentang oarfish ga Readers? Mungkin udah ada yang pernah, tapi mungkin juga belum, mungkin juga ada yang cuma sekedar numpang baca, ato liat gambarnya sekilas sambil pup.

Intinya di post ini aku mau bahas tentang oarfish, liat dulu gambarnya nih Readers..

Kalo kurang jelas liat yang ini deh..

Chimera-Makhluk Mitologi Yunani

Post kali ini aku mau bahas chimera, chimera emang lebih ke mitologi dibanding cryptoid tapi gapapa ya?

Dalam mitologi yunani chimera adalah makhluk bernapas api yang konon tinggal di lycia di asia kecil, kalo harits dalam bahasa yunani berarti makhluk bernafas bau dari tangerang. Chimera terdiri dari beberapa bagian hewan, bagian atasnya singa betina, ekornya ular dan du ruas tulang punggungnya ada kepala kambing. Chimera sendiri keturunan dari Typhon dan Echidna, dia juga kakak perempuan dari cerberus dan hydra.
Continue reading

Sucuriju Gigante-Ular Raksasa Amerika Selatan

Apa Readers udah pernah liat film anakonda yang blood orchid? Uda liat anakondanya belum? Gede banget ya? abis liat filmnya aku jadi parno kalo lagi jalan di deket got, takut ada anakonda..

Tapi untuk ngilangin phobiaku aku mau bahas tentang salah satu jenis anakonda yang konon paling gede.. Sucuriju Gigante!

Nessie-Cryptid paling ngetop di dunia

Halo Readers.. Wah, aku kaget pas maen ke blog bang enigma, ternyata ada blog misteri baru disana, banyaaak… Welcome teman seperjuangan! Senangnya banyak temen.. Yey..

Di post kali ini aku mau bahas tentang nessie, kalo biasanya kebanyakan ngocol, post ini mau bahas rada panjang tentang nessie, siap-siap bosen all..

Gini-gini..

Nessie, atau banyak orang bilang loch ness monster adalah cryptoid yang tinggal di danau ness, skotlandia. Kasian kalo cuma nessie yang ngetop, liat gambar danonya juga ya Readers..

Continue reading